clean your CPU

Posted by Android On Jumat, 05 Desember 2008 0 komentar
punya komputer memang asik punya. kita bisa mengerjakan tugas, mendengarkan musik, menonton film, main game dan masih banyak hal lainnya yang bisa kita lakukan dengan komputer. namun terkadang, walaupun kita sering menggunakan komputer kita, kita jarang merawat komputer kita. dan akibatnya, komputer kita semakin lama semakin lemot, sering hang dan masih banyak lainnya.

komputer seperti manusia. butuh dirawat. namun hal yang paling kita sering abaikan adalah perawatan komputer kita. bahkan ada yang mempunyai komputer namun tidak pernah dirawat sekalipun. padahal merawat komputer engga susah-susah amat kok. mau tahu caranya? ikuti langkah dibawah ini:

A. Perawatan Non Fisik



1. Scandisk
scandisk merupakan program untuk mengecek apakah hardisk anda mempunyai masalah apa tidak. untuk melakukannya:
untuk windows 98,ME,200:
a. klik Start > All programs > Accessories > System Tools > Scandisk.
b. pilih partisi / hardisk yang ingin di scan. jika sudah pilih start. tunggu hingga proses selesai.

untuk windows Xp:
a. klik Start > RUN
b. pada kotak run ketikan chkdsk [nama drive]. contoh jika anda ingin mengscan drive c, ketik chkdsk c:
c. jika sudah, klik ok. maka akan muncul sebuah jendela console. dan proses akan dimulai. tunggulah hingga proses selesai. yang perlu anda ketahui, jika ingin memindai (scan) drive yang berisi sistem operasi, maka proses tersebut akan dijalakan ketika komputer anda direstart.

2. Defrag
defrag bertujuan untuk merapikan kembali file-file anda ke posisi mereka masing-masing. ibarat sebuah lemari, maka defrag adalah penyusunan kembali isi lemari ke posisi yang benar. untuk melakukan Defrag:
a. klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter
b. pilih drive / partisi yang ingin di proses. lalu klik Defragment. tunggulah hingga proses selesai.

3. Bersihkan file-file sampah.
di dalam komputer banyak sekali file-file yang sudah tidak terpakai, atau file-file temporary. nah, file-file tersebut makin lama akan menumpuk dan bisa memberartkan sistem komputer anda. oleh karena itu, maka anda bisa membersihkan file-file tersebut agar komputer anda terbebas dari file-file sampah. untuk melakukan proses ini anda bisa menggunakan program bawaan windows atau program lain seperti cccleaner atau byta cleaner.

untuk program bawaan windows:
a. klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup
b. pilih drive / partisi yang ingin anda proses. klik ok. maka akan muncul sebuah jendela.
c. pada jendela tersebut anda bisa memilih apa saja yang ingin dibersihkan. pilih saja semuanya. lalu klik ok. tunggu hingga proses selesai.

4. Bersihkan registry.
Registry merupakan tempat peyimpanan konfigurasi-konfigurasi suatu program. jika anda sering menginstal program, maka bisa dipastikan registry anda akan cukup berantakan. anda bisa merapikan Registry ini dan membuang yang tidak perlu. untuk melakukan proses ini ada banyak program yang bisa anda gunakan. salah satunya adalah Tune Up.

5. Antivirus.
virus komputer merupakan hal yang menyebalkan dalam dunia komputer. udah menghabiskan resource komputer kita, mengerjai file kita dan masih banyak hal yang tidak mengenakan lainnya. virus juga bisa membuat komputer kita lemot. oleh karena itu, instal lah antivirus pada komputer anda. anda bisa menggunakan antivirus seperti Norton, AVG, PC Media antivirus, Panda Antivirus, Avast, Kaspersky, Norman dan banyak antivirus lainnya. (untuk masalah virus, anda bisa mengunjungi www.cegah-virus.blogspot.com untuk pembahasan lebih lanjut)

B. Perawatan Fisik
perawatan fisik disini ialah kita membersihkan komputer kita dari debu-debu yang ada di dalam CPU. oleh karena itu, kita perlu membuka casing CPU kita. langkah ini tidak terlalu rumit kok. oh yah, tips ini mungkin agak susah dilakukan oleh orang yang alergi terhadap debu ^_^’.
1. siapkan kuas kecil. jangan pakai kuas besar dan pilihlah kuas yang lembut.
2. buka casing anda. pastikan anda telah melepaskan CPU dari kontak listrik.
3. bersihkan debu-debu dalam CPU anda dengan kuas yang telah disiapkan. lakukan pelan-pelan dan lembut.
4. untuk daerah-daerah tertentu, debu masih menempel. oleh karena itu, tiuplah bagian yang masih ada debu menempel. ingat, meniupnya pelan-pelan.
5. daerah Fan Prosessor merupakan tempat favorit debu. bersihkan sela-sela Fan.
6. jika sudah, tutup kembali CPU anda.


0 komentar:

Posting Komentar