kompresi bawaan windows

Posted by Android On Jumat, 05 Desember 2008 0 komentar
banyak pengguna komputer yang belum megetahui fungsi-fungsi yang ada dalam windows XP. Salah satu fitur pada Windows XP yang berguna adalah Compressed Folder, sebuah utility untuk mengkompres / mengecilkan ukuran sebuah file. Fitur ini sama dengan program seperti Winzip, winrar, dan 7zip. Fungsi Compressed Folder bawaan windows sendiri mendukung kompresi file dengan format zip. Dan hebatnya lagi program ini menyatu pada windows explorer, sehingga memudahkan anda untuk mengedit, menambah, atau mengekstrak file.



Untuk mengkompres file atau folder cukup mudah. Caranya yaitu: klik kanan pada file / folder yang ingin di kompres. Lalu pilih Send To, lalu pilih Compressed (zipped) Folder. Jika ada kotak pesan muncul, anda bebas untuk memilih. Maka proses pengkompresan file akan dimulai. Jika anda ingin menganti nama file, cukup rename file hasil kompres.

Untuk mengekstrak file / folder dari file zip, caranya sedikit rumit, yaitu:

1. jika pada komputer anda belum terinstal program kompresi file (seperti winzip, winrar) anda bisa klik ganda (double click) file zip hingga windows explorer akan membuka file. Jika cara ini tidak bisa (windows explorer tidak memunculkan isi file), maka anda bisa lakukan cara yaitu klik kanan pada file, pilih Open With, lalu pilih Compressed (zipped) Folder. Maka windows explorer akan membuka file tersebut.
2. setelah windows explorer menampilkan isi dari file zip, klik menu File > Extract All. Maka akan muncul kotak dialog Extraction Wizard. Pada tampilan pertama klik next.
3. pada layar selanjutnya anda diminta untuk menentukan lokasi file akan di ekstrak. Pilih browse lalu pilihlah tempat sesuai keinginan anda.
4. jika file zip anda terproteksi password, maka anda bisa memasukan password dengan menglik password.
5. jika langkah 4 sudah anda lakukan, klik next. Maka proses akan di mulai.
6. setelah selesai klik finish.

Jika anda menginginkan file zip anda terproteksi, maka anda bisa menambahkan password ke file zip anda. Caranya:

1. lakukan langkah satu pada cara di atas
2. klik menu file > add a password. Maka akan muncul kotak dialog add password
3. masukan password yang anda inginkan. Jik sudah klik ok. Maka sekarang file anda telah terproteksi.

Jika anda ingin menyingkirkan password file zip anda, maka caranya:

1. ikuti langkah satu pada cara di atas (mengekstrak file).
2. pilih menu file > remove password. Maka akan muncul kotak dialog Password needed.
3. masukan password file zip anda. Lalu klik ok. Maka password akan di hapus dari file zip anda.

Walaupun cara-cara di atas tampak rumit bagi anda, namun dengan adanya fitur ini, maka secara umum anda tidak perlu lagi program kompresi file lagi, karena umumnya file terkompresi biasanya berformat zip. (terkecuali jika anda menggunakan format kompresi selain zip). Dan tentu ini bisa mengurangi kebutuhan anda akan program lain, yang bisa menghindarkan anda dari penggunaan program bajakan dan merampingkan isi komputer anda.

0 komentar:

Posting Komentar