Kumpulan perintah-perintah di linux yang sering di gunakan

Posted by Android On Minggu, 06 Juni 2010 0 komentar
Ini dia perintah-perintah yang sering di gunakan di linux.. lumayan banyak ya mybe ini kurang lengkap tapi setidaknya bisa untuk bahan pembelajaran.
mungkin kita sudah sering mendengar bagaimana cara merubah password di linux tapi kita tidak tahu hehehe "loh kok kita.. kamu aja kali heheh.. maklum saya newbie jadi ini semoga bisa membantu buat para pemula yang lainnya juga... perintah-perintah ini saya dapatkan setelah saya jalan2 di dunia maya oke langsung aja .. nih perintahnya ada di bawah

perintah apa saja yang sering digunakan sehingga
tidak banyak menghabiskan banyak waktu untuk memperlajari semua perintah
yang ada pada referensi anda. Berikut perintah-perintah yang sering
digunakan:
Manampikan file dan direktori
>ls
Dimana
saya sekarang
>pwd
Siapa saya?
>whoami
Saya
adalah a, bagaimana saya mengubah diri menjadi user b
>su b

password : ******
Mematikan komputer
>poweroff
Merestart komputer
>reboot
Membuat file

>touch nama_file
===
catatan :
touch sebenarnya
perintah untuk mengubah properties waktu pada sebuah file, namuan jika

anda melakukan touch sedangkan file yang d-touchkan tidak ada maka
touch akan membuat file
Menghapus file
>rm -f nama_file
Menghapus direktori
>rm -rf nama_direktori
Meliaht
perintah yang pernah dilakukan
>history
Mengpus history

>history -c
Logout
>exit atau logout atau tekan
Ctrl+d
Masuk kesebuah direktori (lihat dimana saya sekarang)

> cd /nama/direktori
Melihat service (layanan) apa saja
yang dijalankan saat boot
>chkcofig –list |grep ‘:on’
Menjalankan service
>service nama_layanan kondisi
nama
layanan misalnya httpd,mysql,smb,sound,network dlll
kondisi : start
,stop,status,reload,dll
Melihat proses
>top
-keluar
dari top dengan menekn tombol q
Melihat kapasitas hardisk (yang
termount)
>df -a
Melihat sebuah file (lihat Manampikan file
dan direktori)
>cat nama_file
Melihat tanggal
>date
Melihat kalender
>cal
Mengekstart file .zip

>unzip namafile.zip
Melihat ukuran file
>du
nama_file atau du nama_direktori
Memindahkan file
>mv
nama_file /ke/tempat/yang/baru
Mengkopi file
>cp nama_file
/ke/tempat/yang/baru
Membuat direktori
>mkdir
nama_direktori
Melakuakan perintah dengan antrian

>ls;pwd;whoami;dan_peritnah_lain
Matikan komputer dua menit
lagi
>shutdown -h 2
Sudah berpa lama komputer saya hidup

>uptime
Mengakses floppy/disket
>mount /dev/fd0
/mnt/floppy
dan lihat isi disket anda pada direktori /mnt/floppy
Mengakses cdrom
>mount /dev/cdrom /mnt/cdrom
dan lihat
isi cd anda pada direktori /mnt/cdrom
Mengeluarkan pintu cdrom

>eject
Memasukan pintu cdrom yang terbukan
>eject -t
Ko’ ada yg tulis perintah tetapi ada yang pake - (min)
>Min
disini adalah opsi, artinya perintah tersebut punya fasilitas lainnya

untuk melihat opsi dari perintah gunakan:
>perintah –help

misalnya :
>eject –help
Melihat struktur direktori

>tree (jika tidak ada, install paket tree dari cd distro anda)
Memformat disket
>mformat a:
+Install paket mtools jika
perintah mformat tidak ada
+jangan heran kalo memformatnya cepat

+jika tidak diizinkan, lakukanlah perintah tersebut sebagai root
(baca:Saya adalah A, bagaimana saya mengubah diri menjadi user B)
Pulang kerumahku
>cd
+cd tersebut tanpa opsi
Melakukan perulangan thd perintah tertentu dengan delay waktu

>watch -n waktu_dlm_detik perintah
+contoh :
>watch -n 1
uptime
Saya peke kernel berapa ?
>uname -r
Membut
link file atau direktori
>ln -s /direktori/asal /direktori/tujuan/

contoh :
>ln -s /home /tmp/gue_linux
+sekarang anda bisa
lihat didalam direktori /tmp ada direktori gue_linux,
direktori
tersebut sebenarnya alias dari /home
Mendengarkan mp3

>mpg123 file.mp3
+anda harus mengintall paket mpg123 untuk
menjalankan perintah tersebut
Menjalankan perintah secara
background
>perintah&
Mencari sebuah file

>find|grep nama_yg_dicari
contoh > find|grep data_kemarin
Membuka file .tar.gz
>tar -xvzf file.tar.gz
Siap
saja yang sedang login
>users
Mengunci keyboard

>vlock -a
+Install paket vlock jika vlock belum ada
Melihat IP aktif
>/sbin/ifconfig
ping
>ping
nama_host atau ip
Melihat struktur proses
>pstree
Mengubah password,contoh :
vx11a~vx11a$ passwd
Changing
password for user vx11a.

thnks to: http://denazepdyze.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar