Cara Remove Dual Boot Vista - Linux

Posted by Android On Selasa, 06 Januari 2009 0 komentar
Kadang - kadang bosen juga ya pake dual boot linux. mau masuk harus melewati grub dulu. Udah di-delete partisi linuxnya, Eh..ternyata boot Grubnya masih ada. So mau ga mau harus membebaskan ruang kosong lagi di laptop. nah pertanyaannya, gimana membuang partisi yang dipake linux dan mengembalikan MBR vista seperti semula dan bisa boot vista langsung (GRUB udah terlanjur mengambil alih boot manager vista).
kalo cuman sekedar membuang partisi linux, GRUB (boot loader bawaan ubuntu) masih tetap ada di sistem. ini bisa jadi masalah kalo partisi linux dibuang
Ok. deh kita harus balikin Master Boot Record (MBR) Vista (jadi ntar vista yang ngurusin booting, bukan GRUB).
Gini caranya...

So bagaimana restore MBR buat Windows Vista?

1. Taruh disc instalasi Windows Vista dalam disc drive (disini ku make dvd vista anytime upgrade bawaan laptop), kemudian hidupkan komputer dengan media boot dari disc drive.
2. Tekan tombol sembarang saat diminta untuk boot dari dvd.
3. Pilih bahasa, waktu, keyboard atau metode input lain (awal kek instalasi sistem), kemudian klik “Next”.
4. Klik Repair computer.
5. PIlih OS yang pengen di-repair (kalo punay lebih dari 1, berhubung cuman ada vista yah cumanitu pilihannya).
6. Di dialog System Recovery, pilih klik Command Prompt (benernya ada juga pilihan pertama repair startup, cuman ko’ lebih nyaman aja ke cmd :) ).
7. Ketik “Bootrec.exe /FixMbr”, tanpa tanda petik tentunya lalu tekan ENTER.

Sekarang reboot komputer, vista bakal load secara otomatis (kalo cuman ada 1 OS, kalo ada lebih bakal keluar pilihan boot manager vista). kalo udah gini, silahkan buang partisi linux dengan menggunakan aplikasi manajemen D atau pake storage manager vista

Moga Sukses Deh..

0 komentar:

Posting Komentar