2 Situs Lokal Penakluk Google

Posted by Android On Sabtu, 02 Mei 2009 0 komentar
Raksasa Google dengan Hibryd Mesin-Penilaian Manusia-nya memang terbukti mumpuni, di tingkat dunia Google mendominasi pasar pencarian online hingga 85%. Namun di dua lokasi ini, Google mengalami hal sebaliknya, kalah oleh pemain lokal hingga 76% (oleh Naver Inc.).

1. Naver (Korea Selatan) = menang telak

2. Baidu (China) = menang telak (lebih dari 60% pencarian)

Bagaimana resep mereka mengalahkan Google ? Naver, tidaklah meng-crawl internet untuk membuat database pencariannya. Naver adalah portal mirip Yahoo yang menyediakan segala kebutuhan online disitusnya. Email, Chat, dll. Fitur utama yang mengalahkan Google adalah Forum tanya-jawab biasa namun khas budaya Korea Selatan yang sangat berbeda dengan pola search engine Google. Misalnya, jika orang Korea Selatan mengetikkan kata “rain” di Google, jawaban yang keluar adalah situs mengenai “hujan” dan kawan2. Namun di Naver, Rain adalah nama artis papan atas Korea Selatan. Contoh kecil ini menunjukkan mesin Google belum di tune untuk bahasa korea.

Baidu lebih mirip Google karena ia meng-crawl internet untuk membuat indeks data alamat internet beserta kata kuncinya. Dan Lagi-lagi masalah budayalah yang membuat hasil pencarian Baidu lebih sesuai dengan selera masyarakat China.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Google terus memperbaiki pangsa pasarnya di dua negara tersebut. Kurang berhasil di Korea Selatan, namun Google berhasil meningkatkan pangsa pasar pencariannya sekitar 4% di China selama tahun 2008. Faktor yang mempengaruhi perbaikan pangsa pasar Google ini ada dua, yakni, Baidu banyak mengalami skandal internal, kedua, Baidu tidak memisahkan secara jelas antara hasil pencarian dengan iklan berbayar sehingga mengurangi kualitas pencarian.

Jumawa dengan keberhasilannya menahan Google di negeri sendiri (ada bendera korea selatan di header situsnya :) ), pendiri Naver Mr. Chae berniat menyerang Google di kandangnya sendiri dengan mendirikan Naver USA, Naver Japan, dll.

0 komentar:

Posting Komentar